Minggu, 15 Desember 2013

Bab 1



BAB I
PENDAHULUAN


I.1        Latar Belakang

Industri otomotif adalah industri yang sudah sangat maju diseluruh Negara tak terkecuali Negara Indonesia. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, tentu akan sangat membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi. Dengan begitu akan sangat memudahkan untuk melakukan semua kegiatan usaha.
Berkembangnya industri otomotif dunia secara langsung akan berdampak pada industry di Indonesia dimana banyak jenis dan tipe kendaraan dari berbagai macam merek mobil, maraknya jenis dan kendaraan mobil yang ada dipasaran tentu akan menimbulkan masalah bagi produsen itu sendiri. Untuk menarik minat pembeli berbagai macam cara pun dilakukan salah satunya adalah perbaikan sistem pemasaran yang lebih efektif. Pemasaran yang efektif tidak hanya meningkatkan volume penjualan tetapi harus bisa mengamati perilaku konsumen serta memenuhi keinginan konsumen melalui usaha perbaikan kualitas produk.
Dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahan, perusahan – perusahan selalu dihadapkan dengan berbagai macam persoalan seperti masalah meningkatkan volume penjualan, karena adanya persaingan ketat dari perusahaan sejenis dan selera konsumen yang selalu berubah – ubah.
Menurut konsep pemasaran berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan tersebut telah memasuki era kompetisi. Sejalan dengan hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan dalam memasarkan suatu produk yakni dengan melakukan kegiatan promosi yang meliputi, advertising, sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing agar calon konsumen lebih mengenal, memahami, serta simpati terhadap produk yang ditawarkan. Promosi dihadapkan pada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kelebihan – kelebihan produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Oleh sebab itu manajer pemasaran harus memilih bentuk promosi yang tepat dan terpadu agar dapat meningkatkan volume penjualan ( Dwintha : 2012 )
Demikian pula halnya yang dilakukan PT. KARYA ZIRANG UTAMA sebagai penyalur kendaraan bermotor yang berkedudukan di jl. Kartini raya no. 51 Depok yang sangat memperhatikan sistem pemasaran dan promosi penjualan, dengan begitu kendaraan merek Isuzu akan melakukan kegiatan promosi lewat media dengan tujuan merebut pangsa pasar dari berbagai jenis kendaraan yang diluncurkan kepasaran. Berdasarkan kondisi yang telah disebutkan diatas sehingga dapat menarik minat penulis untuk mengambil judul :
“ Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Isuzu Pada PT. KARYA ZIRANG UTAMA ”

I.2        Rumusan Masalah
Setiap perusahaan tentu tidak luput dari berbagai macam persoalan yang harus dipecahkan demi kelancaran usahanya. Masalah pokok pada PT. Karya Zirang Utama
1.      Apakah bauran promosi yang meliputi advertising, sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan mobil Isuzu pada PT. Karya Zirang Utama ?
2.      Bauran promosi apa yang paling dominan dalam meningkatkan volume penjualan mobil Isuzu ?

I.3        Tujuan dan Kegunaan Penelitian
            I.3.1     Tujuan Penelitian
                        1.      Untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap perkembangan volume penjualan mobil Isuzu pada PT. Karya Zirang Utama dengan promosi yang selama ini diterapkan.
                        2.      Untuk mengetahui bauran promosi yang paling dominan mempengaruhi terhadap perkembangan volume penjualan mobil Izusu pada PT. Karya Zirang Utama.
            I.3.2     Kegunaan Penelitian
                        1.      Memberikan sumbangan pemikiran bagi pihak perusahaan dalam menerapkan dan melaksanakan promosi dalam meningkatkan volume penjulan mobil Isuzu
                        2.      sebagai salah satu referensi bagi penulis, pihak perusahaan dan para calon peneliti selanjutnya.
I.4        Sistematika Penulisan
            Untuk memberikan gambaran pembahasan yang lebih jelas dalam penyusunan penelitian ilmiah ini, penulis membagi penulisan ini dalam enam bab, dengan sistematika sebagai berikut :

Bab I                : Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, serta sistematika penulisan.
Bab II              : Landasan teori meliputi pengertian pemasaran, pengertian marketing mix, pengertian promosi, pengertian bauran promosi, faktor – faktor yang mempengaruhi bauran promosi, kerangka pikir dan hipotesis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar