BAB
I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Industri
otomotif adalah industri yang sudah sangat maju diseluruh Negara tak terkecuali
Negara Indonesia. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, tentu akan
sangat membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi. Dengan begitu akan
sangat memudahkan untuk melakukan semua kegiatan usaha.
Berkembangnya
industri otomotif dunia secara langsung akan berdampak pada industry di
Indonesia dimana banyak jenis dan tipe kendaraan dari berbagai macam merek
mobil, maraknya jenis dan kendaraan mobil yang ada dipasaran tentu akan
menimbulkan masalah bagi produsen itu sendiri. Untuk menarik minat pembeli
berbagai macam cara pun dilakukan salah satunya adalah perbaikan sistem
pemasaran yang lebih efektif. Pemasaran yang efektif tidak hanya meningkatkan
volume penjualan tetapi harus bisa mengamati perilaku konsumen serta memenuhi
keinginan konsumen melalui usaha perbaikan kualitas produk.
Dalam
upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahan, perusahan – perusahan selalu
dihadapkan dengan berbagai macam persoalan seperti masalah meningkatkan volume
penjualan, karena adanya persaingan ketat dari perusahaan sejenis dan selera
konsumen yang selalu berubah – ubah.
Menurut
konsep pemasaran berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat
memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan
tersebut telah memasuki era kompetisi. Sejalan dengan hal tersebut, upaya yang
dapat dilakukan dalam memasarkan suatu produk yakni dengan melakukan kegiatan
promosi yang meliputi, advertising, sales promotion, personal selling, public
relation, direct marketing agar calon konsumen lebih mengenal, memahami, serta
simpati terhadap produk yang ditawarkan. Promosi dihadapkan pada berbagai macam
kegiatan yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kelebihan –
kelebihan produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Oleh sebab itu manajer
pemasaran harus memilih bentuk promosi yang tepat dan terpadu agar dapat
meningkatkan volume penjualan ( Dwintha : 2012 )
Demikian
pula halnya yang dilakukan PT. KARYA ZIRANG UTAMA sebagai penyalur kendaraan
bermotor yang berkedudukan di jl. Kartini raya no. 51 Depok yang sangat
memperhatikan sistem pemasaran dan promosi penjualan, dengan begitu kendaraan
merek Isuzu akan melakukan kegiatan promosi lewat media dengan tujuan merebut
pangsa pasar dari berbagai jenis kendaraan yang diluncurkan kepasaran.
Berdasarkan kondisi yang telah disebutkan diatas sehingga dapat menarik minat
penulis untuk mengambil judul :
“
Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Isuzu Pada
PT. KARYA ZIRANG UTAMA ”
I.2 Rumusan Masalah
Setiap
perusahaan tentu tidak luput dari berbagai macam persoalan yang harus
dipecahkan demi kelancaran usahanya. Masalah pokok pada PT. Karya Zirang Utama
1.
Apakah
bauran promosi yang meliputi advertising, sales promotion, personal selling,
public relation, direct marketing berpengaruh terhadap peningkatan volume
penjualan mobil Isuzu pada PT. Karya Zirang Utama ?
2.
Bauran
promosi apa yang paling dominan dalam meningkatkan volume penjualan mobil Isuzu
?
I.3 Tujuan dan Kegunaan Penelitian
I.3.1 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui pengaruh bauran promosi
terhadap perkembangan volume penjualan mobil Isuzu pada PT. Karya Zirang Utama
dengan promosi yang selama ini diterapkan.
2. Untuk mengetahui bauran promosi yang
paling dominan mempengaruhi terhadap perkembangan volume penjualan mobil Izusu
pada PT. Karya Zirang Utama.
I.3.2
Kegunaan Penelitian
1. Memberikan sumbangan pemikiran bagi pihak
perusahaan dalam menerapkan dan melaksanakan promosi dalam meningkatkan volume
penjulan mobil Isuzu
2. sebagai salah satu referensi bagi penulis,
pihak perusahaan dan para calon peneliti selanjutnya.
I.4 Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran pembahasan
yang lebih jelas dalam penyusunan penelitian ilmiah ini, penulis membagi
penulisan ini dalam enam bab, dengan sistematika sebagai berikut :
Bab
I : Pendahuluan yang
terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian,
serta sistematika penulisan.
Bab
II : Landasan teori meliputi pengertian pemasaran, pengertian marketing
mix, pengertian promosi, pengertian bauran promosi, faktor – faktor yang
mempengaruhi bauran promosi, kerangka pikir dan hipotesis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar