Minggu, 15 Desember 2013

Bab 3



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


III.1.          Lokasi dan Waktu Penelitian

Penelitian dilakukan di bagian Promosi PT. Karya Zirang Utama, bertempat jl. Kartini raya no. 51 Depok.

III.2.          Jenis dan Sumber Data

III.2.1.       Jenis Data

Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu:

1.   Data Kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari perusahaan berupa data yang dapat dihitung atau angka yang diperoleh dari dokumen atau laporan-laporan, misalnya data volume penjualan Mobil Isuzhu pada PT. Karya Zirang Utama.
2.   Data Kualitatif, yaitu data yang berbentuk informasi merupakan interprestasi dari hasil wawancara baik secara lisan maupun tulisan

III.2.2.       Sumber Data

1. Data Primer yaitu data yang diperoleh dari keterangan langsung yang diberikan oleh sumber pertama dari hasil pengamatan langsung maupun wawancara dengan pihak yang berkaitan dengan masalah penelitian.
2. Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari pihak ketiga berupa informasi tulisan dan bahan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti serta buku-buku referensi lainnya yang diperoleh melalui Library Research.

III.3.           Metode Pengumpulan Data

1. Penelitian lapangan
Yaitu penulis mengumpulkan data dengan cara terjun langsung ke lapangan melalui pengamatan yang dilakukan pada perusahaan yang diteliti (observasi).
2. Penelitian kepustakaan
Yaitu penelitian yang diperoleh dengan cara membaca dan mempelajari literatur-literatur, dokumentasi yang terkait dengan objek dan sasaran yang diteliti.

III.4.             Metode Analisis

Dari hasil penelitian yang dikumpulakan maka selanjutnya akan dapat disakija metode analisis sebagai berikut:
1.  Analisis Deskriptif yaitu suatu analisis untuk menguraikan variabel bauran promosi terhadap volume penjualan Mobil Isuzhu pada PT. Karya Zirang Utama.
2. Analisis Regresi Berganda yakni suatu analisis untuk melihat sejauh mana pengaruh variabel bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan Mobil Isuzhu pada PT. Karya Zirang Utama. Analisis regresi berganda menggunakan rumus persamaan seperti yang dikutip dalam Sugiyono (2005:261), yakni:

Y= a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + e

Dimana:
Y   = Volume Penjualan
a    = Konstanta
b1  = Koefisien regresi dari variabel X1
X1       = Penjualan pribadi
b2  = Koefisien regresi dari variabel X2
X2 = Promosi Penjualan
b3  = Koefisien regresi dari variabel X3
X3 = Publisitas
b4  = Koefisien regresi dari variabel X4
X4 = Periklanan
b5  = Koefisien regresi dari variabel X5
X5 = Direct Marketing
e    = Error
Data yang diperoleh nantinya akan diolah menggunakan program olah data komputer yaitu SPSS 13.0 untuk menghasilkan nilai koefisien determinasi yang lebih akurat.
3. Uji Hipotesis
1. Uji F
Menurut Sugiyono (2005:266) uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama variabel independen terhadap variabel dependen.
1.  Jika F hitung < F tabel, maka independen tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.
2.  Jika F hitung > F tabel, maka variabel independen mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen.
2. Uji t

Menurut Sugiyono (2005:264), uji t digunakan untuk menguji sendiri-sendiri secara signifikan hubungan antara variabel independen (variabel X) dengan variabel dependen (variabel Y). Uji t dirumuskan sebagai berikut:

thitung =


dimana:
t = observasi
r = koefisien
n = banyaknya observasi
dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05) syaratnya:
1.  Jika thitung > ttabel, maka variabel independen mempunyai keeratan hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen.
2. Jika thitung < ttabel, maka variabel independen tidak mempunyai keeratan hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen

III.5.                    Definisi Operasional

Definisi operasional variabel yang diteliti tampak seperti dibawah ini:
1. Variabel dependen (Y)
Variabel dependen (Y) dalam penilitian ini adalah volume penjualan Mobil Isuzhu pada PT. Karya Zirang Utama

2. Variabel independen (X)
Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah lima komponen dari bauran promosi yakni periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas dan pemasaran langsung digunakan oleh PT. Jujur Jaya Sakti Makassar selama tahun (xxx) dalam mempengaruhi peningkatan volume penjualan.
Variabel independen terdiri atas:
1. Periklanan (X1) adalah salah satu cara yang dilakukan PT. Karya Zirang Utama dalam memperkenalkan produk kepada khalayak ramai melalui media cetak dan elektronik.
2. Penjualan Pribadi (X2) adalah salah satu teknik yang digunakan PT. Karya Zirang Utama untuk bertemu langsung dengan calon pembeli.
3. Promosi penjualan (X3) adalah salah satu teknik penjualan yang dilakukan oleh PT. Karya Zirang Utama dalam memperkenalkannya produknya secara langsung.
4. Publisitas (X4) adalah promosi yang biasanya dilakukan oleh praktisi untuk membujuk, mempengaruhi, mengubah, menarik emosi konsumen agar membeli produk tersebut.
5. Pemasaran Langsung (X5) adalah salah satu teknik yang digunakan PT. Karya Zirang Utama dalam memperkenalkan poduk melalui media komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar