BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
III.1. Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan di bagian
Promosi PT. Karya Zirang Utama, bertempat jl. Kartini raya no. 51 Depok.
III.2.
Jenis dan Sumber Data
III.2.1.
Jenis Data
Jenis
data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu:
1. Data Kuantitatif, yaitu data yang diperoleh
dari perusahaan berupa data yang dapat dihitung atau angka yang diperoleh dari
dokumen atau laporan-laporan, misalnya data volume penjualan Mobil Isuzhu pada
PT. Karya Zirang Utama.
2.
Data Kualitatif, yaitu data yang
berbentuk informasi merupakan interprestasi dari hasil wawancara baik secara
lisan maupun tulisan
III.2.2. Sumber Data
1.
Data Primer yaitu data yang diperoleh dari keterangan langsung yang diberikan
oleh sumber pertama dari hasil pengamatan langsung maupun wawancara dengan
pihak yang berkaitan dengan masalah penelitian.
2.
Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari pihak ketiga berupa informasi
tulisan dan bahan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti serta
buku-buku referensi lainnya yang diperoleh melalui Library Research.
III.3. Metode Pengumpulan Data
1. Penelitian
lapangan
Yaitu
penulis mengumpulkan data dengan cara terjun langsung ke lapangan melalui pengamatan
yang dilakukan pada perusahaan yang diteliti (observasi).
2. Penelitian
kepustakaan
Yaitu
penelitian yang diperoleh dengan cara membaca dan mempelajari
literatur-literatur, dokumentasi yang terkait dengan objek dan sasaran yang
diteliti.
III.4. Metode Analisis
Dari hasil penelitian
yang dikumpulakan maka selanjutnya akan dapat disakija metode analisis sebagai
berikut:
1.
Analisis Deskriptif yaitu suatu analisis
untuk menguraikan variabel bauran promosi terhadap volume penjualan Mobil
Isuzhu pada PT. Karya Zirang Utama.
2.
Analisis Regresi Berganda yakni suatu analisis untuk melihat sejauh mana
pengaruh variabel bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan Mobil Isuzhu
pada PT. Karya Zirang Utama. Analisis regresi berganda menggunakan rumus
persamaan seperti yang dikutip dalam Sugiyono (2005:261), yakni:
Y=
a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + e
Dimana:
Y = Volume Penjualan
a = Konstanta
b1 = Koefisien regresi dari variabel X1
X1 = Penjualan pribadi
b2 = Koefisien regresi dari variabel X2
X2 = Promosi
Penjualan
b3 = Koefisien regresi dari variabel X3
X3 = Publisitas
b4 = Koefisien regresi dari variabel X4
X4 = Periklanan
b5 = Koefisien regresi dari variabel X5
X5 = Direct Marketing
e = Error
Data yang diperoleh nantinya akan
diolah menggunakan program olah data komputer yaitu SPSS 13.0 untuk
menghasilkan nilai koefisien determinasi yang lebih akurat.
3. Uji Hipotesis
1. Uji F
Menurut Sugiyono (2005:266) uji F
digunakan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama variabel independen
terhadap variabel dependen.
1. Jika F hitung < F tabel, maka independen
tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.
2. Jika F hitung > F tabel, maka variabel
independen mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen.
2.
Uji t
Menurut Sugiyono (2005:264), uji t
digunakan untuk menguji sendiri-sendiri secara signifikan hubungan antara
variabel independen (variabel X) dengan variabel dependen (variabel Y). Uji t
dirumuskan sebagai berikut:
thitung
=
dimana:
t = observasi
r = koefisien
n = banyaknya observasi
dengan tingkat kepercayaan 95% (α
= 0.05) syaratnya:
1.
Jika thitung > ttabel, maka variabel
independen mempunyai keeratan hubungan yang signifikan terhadap variabel
dependen.
2.
Jika thitung < ttabel, maka variabel independen tidak mempunyai keeratan
hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen
III.5. Definisi Operasional
Definisi
operasional variabel yang diteliti tampak seperti dibawah ini:
1. Variabel dependen (Y)
Variabel dependen (Y) dalam
penilitian ini adalah volume penjualan Mobil Isuzhu pada PT. Karya Zirang Utama
2.
Variabel independen (X)
Variabel independen (X) dalam
penelitian ini adalah lima komponen dari bauran promosi yakni periklanan,
penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas dan pemasaran langsung
digunakan oleh PT. Jujur Jaya Sakti Makassar selama tahun (xxx) dalam
mempengaruhi peningkatan volume penjualan.
Variabel independen terdiri atas:
1.
Periklanan (X1)
adalah salah satu cara yang dilakukan PT. Karya Zirang Utama dalam
memperkenalkan produk kepada khalayak ramai melalui media cetak dan elektronik.
2.
Penjualan Pribadi (X2) adalah salah satu teknik yang digunakan PT. Karya Zirang
Utama untuk bertemu langsung dengan calon pembeli.
3.
Promosi penjualan (X3) adalah salah satu teknik penjualan yang dilakukan oleh
PT. Karya Zirang Utama dalam memperkenalkannya produknya secara langsung.
4.
Publisitas (X4) adalah promosi yang biasanya dilakukan oleh praktisi untuk
membujuk, mempengaruhi, mengubah, menarik emosi konsumen agar membeli produk
tersebut.
5.
Pemasaran Langsung (X5) adalah salah satu teknik yang digunakan PT. Karya
Zirang Utama dalam memperkenalkan poduk melalui media komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar